TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65435 UR - http://digilib.unila.ac.id/65435/ A1 - Eva Dwi Puspitasari, 1653053022 Y1 - 2022/07/18/ N2 - Permasalahan pemerataan pendidikan di Indonesia kemudian muncul dalam bentuk kesenjangan dari aspek mutu pendidikan dan layanan pendidikan, kesempatan mengembangkan potensi peserta didik dan perbedaan sarana dan prasarana antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, termasuk munculnya gejala "sekolah favorit" dan ?non favorit? dalam pendidikan dasar dan menengah. Upaya pemerintah untuk peningkatan dan pemerataan pendidikan di Indonesia salah satunya yaitu dengan mengeluarkan Permendidkbud No. 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi orang tua dan pendidik terhadap sistem zonasi sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri 3 Kampung Baru yang berfokus pada respon, pendapat dan penilaian terhadap sistem zonasi Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa:1) respon orang tua dan pendidik terhadap kebijakan sistem zonasi ada yang setuju/positif dan tidak setuju/negative. 2). Pendapat orang tua dan pendidik terhadap kebijakan sistem zonasi menuai tanggapan positif dan negative. 3). Penilaian orang tua dan pendidik terhadap kebijakan sistem zonasi mempunyai dampak baik positif maupun negative. Kata Kunci : persepsi, pendapat, penilaian, respon, sistem zonasi. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TERHADAP KEBIJAKAN SISTEM ZONASI SEKOLAH AV - restricted ER -