@misc{eprints65464, month = {Agustus}, title = { MANAJEMEN KESISWAAN DALAM KONTEKS MULTIKULTURAL DI GUGUS INTI I KECAMATAN BANJIT }, author = {wayansudanayoga23@gmail.com I WAYAN SUDANA YOGA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/65464/}, abstract = { ABSTRAK MANAJEMEN KESISWAAN DALAM KONTEKS MULTIKULTURAL DI GUGUS INTI I KECAMATAN BANJIT OLEH I WAYAN SUDANA YOGA Masalah pada penelitian ini adalah keberagaman masyarakat Kecamatan Banjit, maka perlu pengenalan keberagaman kepada siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen kesiswaan dalam konteks multikultural di gugus ini I Kecamatan Banjit, dengan fokus penelitian perencanaan kesiswaan dalam konteks multikultural, pengorganisasian kesiswaan dalam konteks multikultural, pengarahan kesiswaan dalam konteks multikultural, serta pengawasan kesiswaan dalam konteks multikultural. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah 1) perencaanaan kesiswaan dalam konteks multikultural yang berupa penerimaan siswa dengan promosi sekolah guna menarik minat calon siswa, pencatatan peserta didik dan penyusunan program perencanaan terkait pengenalan keberagaman. 2) pengorganisasian kesiswaan dalam konteks multikultural dilakukan dengan pembagian siswa kedalam kelas dan kedalam kelompok belajar dengan memperhatikan keberagman siswa. 3) pengarahan kesiswaa dalam konteks multikultural dilakukan dengan pengedukasian terkait nilai-nilai multikultural, pengenalan budaya lokal masyarakat Kecamatan Banjit, penanaman sikap toleran, serta program atau kegiatan mengenai keberagaman. 4) pengawasan kesiswaan dalam konteks multikultural dilakukan dengan pengawasan terhadap aktivitas siswa guna menciptakan suasana yang toleran di sekolah, serta pendsiplinan siswa sebagai pencegahan pelanggaran nilai-nilai keberagaman. Pembinaan dan pemberian sanksi kepada siswa yang melanggar nilai-nilai kebragaman atau multikultural. Kata kunci : perencanaan peserta didik, pengorganisasian peserta didik, pengarahan peserta didik, pengawasan peserta didik, multikultural   ABSTRACT STUDENT MANAGEMENT IN MULTICULTURAL CONTEXT IN THE CORE CLUSTER I BANJIT DISTRICT By I WAYAN SUDANA YOGA The problem in this study is the diversity of the Banjit District community, it is necessary to introduce diversity to students at school. This study aims to describe student management in a multicultural context in this cluster I, Banjit District, with a focus on student planning research in a multicultural context, student organization in a multicultural context, student direction in a multicultural context, and student supervision in a multicultural context. The research method in this study is a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques are observation, in-depth interviews and documentation. The results of this study are 1) student planning in a multicultural context in the form of school promotions to attract prospective students and planning related to the introduction of diversity. 2) organizing students in a multicultural context is done by dividing students into classes and into study groups by paying attention to the diversity of students. 3) student direction in a multicultural context is carried out by educating about multicultural values, introducing the local culture of the Banjit District community, inculcating a tolerant attitude, as well as programs or activities regarding diversity. 4) student supervision in a multicultural context is carried out by direct supervision of student activities in order to create a tolerant atmosphere in schools, as well as student discipline as a prevention of violations of diversity values. Coaching and giving sanctions to students who violate the values of diversity or multiculturalism. Keywords: student planning, student organization, student direction, student supervision, multicultural  } }