%A NADYA MARGARRETH %T PERANCANGAN UI/UX GAMIFIKASI APLIKASI MOBILE CAMPAIGN MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT %X Campaign.com adalah sebuah platform yang digunakan untuk melakukan donasi atau aksi sosial. Pada aplikasi Campaign pengguna melakukan serangkaian aksi sosial (Challenge) secara konsisten selama beberapa hari kedepan. Setiap Challenge terdiri dari serangkaian tindakan sosial yang bertujuan untuk mendidik dan mengembangkan kebiasaan sosial baru dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dihadapi oleh Campaign saat ini adalah mengajak pengguna menyelesaikan challenge dengan mengambil aksi selama beberapa hari tidaklah mudah sehingga targat kampanye tidak tercapai. Berdasarkan masalah tersebut maka dibangunlah fitur gamifikasi yang dapat menambah motivasi pengguna dalam menyelesaikan challenge. Menurut hasil survei yang dilakukan pada tahapan User Research sebanyak 78,3% responden lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi dengan fitur gamifikasi. Berdasarkan hasil survei maka dibuatlah desain gamifikasi pada aplikasi Campaign dengan menggunakan metode Design Sprint yang melewati 6 tahapan yaitu Understand, Define, Diverge, Decide, Prototype, Validate. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe fitur gamifikasi yang telah selesai dirancang dengan tiga kali iterasi perubahan dan telah dilakukan uji kegunaan dengan mengacu kepada elemen yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil desain UI/UX yang baik. Hasil pengujian dengan pendekatan SEQ terhadap tiga informan menghasilkan nilai rata-rata 6,02 dari skala 7 dengan kategori acceptable. Beberapa elemen telah diperbaiki melalui tiga iterasi desain dan diuji kembali kepada tiga informan agar desain lebih siap untuk digunakan. Kata Kunci : Campaign, Gamifikasi, Design Sprint, UI/UX %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1855061001 %I FAKULTAS TEKNIK %L eprints65509