title: EFEKTI V ITAS MODEL PEMBELAJARAN INKURI TERBIMBING PADA MA TERI LARUTAN ELEKTROLIT NON - ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN creator: Desia Abrisa, 0743023011 subject: description: ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN IKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NON - ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN Oleh DESIA ABRISA Penelitian ini bertujuan u ntuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi pokok larutan elektrolit non - elektrolit . Populasi dalam penelitian ini a dalah seluruh siswa kelas X KA (Kim ia Analis) SMK - SMTI Tanjung Karang Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013 - 2014 . Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X KA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X KA 2 sebagai kelas eksperimen . Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperim e n dengan Non Equivalent ( Pretest and Posttest ) Control Group Design . Efektivitas pembelajaran Inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n - G ain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen . Hasil penelitian menunjukkan nilai rata - rata n - G ain kemampuan men gkomuni - kasi kan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing - masing 0, 40 dan 0, 57 dan rata - rata n - G ain kemampuan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing - masing 0, 70 dan 0, 79 . Ha l ini menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan meng komunikasikan dan menyimpulkan . Kata kunci: model Inkuiri terbimbing , kemampuan meng komunikasi kan , kemampuan menyimpulkan , Larutan elektrolit non - elektrolit . publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-01-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/8/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/6552/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Desia Abrisa, 0743023011 (2015) EFEKTI V ITAS MODEL PEMBELAJARAN INKURI TERBIMBING PADA MA TERI LARUTAN ELEKTROLIT NON - ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/6552/