TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints65522 UR - http://digilib.unila.ac.id/65522/ A1 - Veranita, Anggun Y1 - 2022/08/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan praktikum berbantuan aplikasi Tone Generator pada materi resonansi gelombang bunyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling terdiri dari satu kelas. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data KPS siswa yang terintegrasi dengan materi resonansi gelombang bunyi diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan uji N-gain dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 dengan taraf kepercayaan 95% dan diperoleh nilai dari hasil uji N-gain sebesar 0,58 yang terkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh peningkatan indikator KPS yang mecakup kemampuan mengamati dengan N-gain yang memiliki kategori tinggi, dan kemampuan menyusun hipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, dan mengomunikasikan meningkat dengan N-gain yang memiliki kategori sedang. Oleh karena itu diperoleh hasil bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan praktikum berbantuan aplikasi Tone Generator terbukti dapat meningkatkan KPS siswa pada materi resonansi gelombang bunyi. Kata kunci: keterampilan proses sains, pendekatan saintifik, praktikum, tone generator PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PRAKTIKUM BERBANTUAN APLIKASI TONE GENERATOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI RESONANSI GELOMBANG BUNYI AV - restricted ER -