%0 Generic %A Donna Vahlepy, 1816051031 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:65536 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PADA PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN WAY HALIM %U http://digilib.unila.ac.id/65536/ %X Setiap perusahaan mendambakan peningkatan di setiap unit bisnis yang dijalani. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan aspek loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Kepercayaan, Komitmen Perusahaan, Komunikasi, Penanganan Konflik terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Way Halim. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Informan dalam penelitian ini sebanyak 8 informan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Indikator Kepercayaan memberikan kualitas layanan yang baik, ketepatan waktu, dan terintegrasi. (2) Indikator Komitmen memberikan jaminan layanan jasa sesuai dengan tingkat mutu pelayanan kepada pelanggan. (3) Indikator Komunikasi dapat memberikan kemudahan para pelanggan untuk mendapatkan informasi melalui berbagai media seperti call center 123 dan aplikasi PLN mobile. (4) Iindikator Penanganan Konflik dilakukan untuk menghindari suatu konflik potensial dan memberikan solusi sebelum terjadi permasalahan. Bagi perusahaan PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Way Halim, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan aspek kepercayaan, Komitmen Perusahaan, Komunikasi dan Penanganan Konflik untuk semua aspek ini berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Customer Relationship Marketing (CRM), Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, Loyalitas Pelanggan