%A 1816011057 Taniya dinda agnesya %T PENGARUH PENDIDIKAN KESETARAAN PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DALAM PEMBERDAYAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Kasus PKBM di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung) %X Abstrak PENGARUH PENDIDIKAN KESETARAAN PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DALAM PEMBERDAYAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Kasus PKBM di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung) Oleh TANIYA DINDA AGNESYA HUTASOIT Skripsi dengan judul ?Analisis Pengaruh Pendidikan Kesetaraan Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah (Studi Kasus PKBM Di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung?, ini di tulis oleh Taniya Dinda Agnesya Hutasoit, NPM.1816011057 di bimbing oleh Drs. Ikram, M.Si. MAP Kata kunci : Pemberdayaan, PKBM, Remaja. Skripsi membahas tentang Pengaruh Pendidikan Kesetaraan Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah, ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya remaja yang putus sekolah sehingga mereka sulit untuk menggejar cita-cita dan mendapatkan pekerjaan. Pemerintah membuat suatu program untuk memperdayakan remaja agar dapat dapat bersekolah sehingga tidak ada ketertinggalan dalam menempuh pendidikan. Hasil penelitian siswa/siswi usia 17-21 tahun pada PKBM di Kecamatan Kemiling menggunakan teknik random sampling, adalah Pengaruh pendidikan kesetaraan pada pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam pemberdayaan remaja putus sekolah memiliki hubungan atau pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 57,3%. Pengaruh pendidikan kesetaraan pada pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam pemberdayaan remaja putus sekolah dalam kategori kuat pada rentang 0,60- 0,799. Artinya, pendidikan kesetaraan pada pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam pemberdayaan remaja putus sekolah dapat berpengaruh bagi perberdayaan pendidikan remaja putus sekolah sehingga remaja dapat bersekolah dan menuntut ilmu dengan layak dan baik setara dengan sekolah formal. ABSTRACT THE EFFECT OF EQUALITY EDUCATION ON COMMUNITY LEARNING ACTIVITIES CENTER (PKBM) IN EMPOWERING ADOLESCENT OUT OF SCHOOL (Case Study of PKBM in Kemiling District, Bandar Lampung) By TANIYA DINDA AGNESYA HUTASOIT Thesis with the title "Analysis of the Influence of Equality Education at the Community Learning Activity Center (PKBM) in Empowering Out-of-school Adolescents (Case Study of PKBM in Kemiling District, Bandar Lampung", was written by Taniya Dinda Agnesya Hutasoit, NPM.1816011057 under the guidance of Drs. Ikram, M.Si. MAP Keywords: Empowerment, PKBM, Youth. This thesis discusses the Effect of Equality Education at the Community Learning Activity Center (PKBM) in Empowering Dropout Adolescents, this is motivated by the fact that there are still many teenagers who drop out of school so it is difficult for them to pursue their dreams and get a job. The government makes a program to empower teenagers to be able to go to school so that there is no lag in taking education. The results of the study of students aged 17-21 years at PKBM in Kemiling District using random sampling technique, namely the influence of equality education at the community learning activity center (PKBM) in empowering out-of-school adolescents has a significant relationship or influence, which is 57.3%. The effect of equality education on community learning activity centers (PKBM) in empowering dropout teenagers is in the strong category in the range of 0.60-0.799. That is, equality education at the community learning activity center (PKBM) in empowering out-of-school teenagers can affect the educational empowerment of dropouts so that teens can go to school and study properly and well, on par with formal schools. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints65556