TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65595 UR - http://digilib.unila.ac.id/65595/ A1 - Anggi Yuliana, 1813053052 Y1 - 2022/07/27/ N2 - ABSTRAK ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TAMBAHREJO Oleh ANGGI YULIANA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi budaya organisasi dalam peningkatan mutu sekolah di SD Negeri 1 Tambahrejo. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini yaitu implementasi budaya organisasi dalam peningkatan mutu sekolah di SD Negeri 1 Tambahrejo, yaitu budaya mutu dan budaya belajar. 1) Budaya mutu yang diimplementasikan yaitu, a) Peraturan sekolah, seperti peserta didik dilarang membawa hp atau sejenisnya, dan didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang aman dan memadai, sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib, b) Harapan sekolah, seperti mengikutsertakan pendidik pada kegiatan pelatihan dan lomba-lomba, dan mengikutsertakan peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler, lomba, dan didukung dengan adanya alat-alat ekstrakurikuler yang memadai, agar pendidik dan peserta didik dapat berprestasi, 2) Budaya belajar yang diterapkan di SD Negeri 1 Tambahrejo adalah untuk mengembangkan kemampuan IPTEK pendidik yaitu dengan mengikutsertakan pendidik pada kegiatan pelatihan. Kata Kunci : budaya belajar, budaya mutu, budaya organisasi, mutu sekolah ABSTRACT THE ANALYSIS OF ORGANIZATIONAL CULTURE IMPLEMENTATION IN IMPROVING QUALITY OF SCHOOL AT SD NEGERI 1 TAMBAHREJO BY ANGGI YULIANA This research is aimed to analyze the implementation of organizational culture in improving the quality of school in SD Negeri 1 Tambahrejo. The method in this research is a qualitative approach with a descriptive research type. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. Data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The validity of the data used the credibility, transferability, dependability, and confirmability test. The result of this research is that the implementation of organizational culture in improving the quality of school in SD Negeri 1 Tambahrejo, namely quality culture and learning culture. 1) The implemented quality culture, namely, a) School regulations, such as students are prohibited from bringing cellphones or the like, and supported by safe and adequate facilities and infrastructure, thus creating a safe and orderly school environment, b) School expectations, such as involving educators in training activities and competitions, and involving students in extracurricular activities, competitions, and supported by the existence of adequate extracurricular tools, so that educators and students can excel, 2) Learning culture applied in SD Negeri 1 Tambahrejo is to develop the science and technology capabilities of educators by involving educators in training activities. Keywords: learning culture, organizational culture, quality culture, quality of school PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 TAMBAHREJO AV - restricted ER -