%0 Generic %A , Hj. HIJIRIAH %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:656 %I Fakultas KIP %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 2 SAWAH LAMA %U http://digilib.unila.ac.id/656/ %X Berdasar observasi penulis pada peserta didik kelas I SD Negeri 2 Sawah Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung berjumlah 24 siswa. Untuk pembelajaran Tematik ada 16 orang siswa yang tidak bisa menghitung penjumlahan dan 8 orang siswa yang bisa menghitung penjumlahan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (33,33%), siklus II (70,83%), siklus III (91,66%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar menggunakan media lingkungan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran matematika. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Lingkungan