TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints65621 UR - http://digilib.unila.ac.id/65621/ A1 - Novia Muryanti, 1713024011 Y1 - 2022/08/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues pada materi ekosistem terhadap responsibility kawasan heritage TNBBS peserta didik di SMAN 1 Krui. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 1 Krui. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel 36 peserta didik dari kelas X IPA 1 dan 36 peserta didik dari kelas X IPA 5. Desain penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Data nilai pengetahuan ekosistem peserta didik diperoleh dari soal tes sedangkan data nilai responsibility pada heritage TNBBS diperoleh dari angket yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji One Way ANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues terhadap responsibility dan hasil belajar kognitif, rerata nilai responsibility pada kelas eksperimen 90,14 dan kelas kontrol 85,36, sedangkan rerata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen 79,89 dan pada kelas kontrol 68,75. Hasil analisis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan 0,000<0,05 sehingga H1 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues pada materi ekosistem terhadap responsibility dan hasil belajar kognitif kawasan heritage TNBBS peserta didik. Dimensi yang paling dikuasai peserta didik dalam responsibility ekosistem heritage TNBBS adalah dimensi ?tindakan?. Kata kunci: problem based learning, socio scientific issues, responsibility, ekosistem, tnbbs. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP RESPONSIBILITY KAWASAN HERITAGE TNBBS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -