%0 Generic %A DIMAS PRASETYO, 1816031070 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:65671 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STRATEGI KOMUNIKASI DIVISI HUMAS POLRI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 (Studi Kasus Biro Multimedia, Divisi Humas Polri) %U http://digilib.unila.ac.id/65671/ %X Abstrak STRATEGI KOMUNIKASI DIVISI HUMAS POLRI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 (Studi Kasus Biro Multimedia, Divisi Humas Polri) Oleh DIMAS PRASETYO Pandemi covid-19 merubah tatanan sosial di berbagai belahan bumi tak terkecuali indonesia, berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan cara pembatasan mobilitas kegiatan di tengah masyarakat, penerapan prokes dengan menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan Vaksinasi bagi seluruh rakyat Indonesia, namun dalam upaya pencegahan dan pemberian vaksinasi terdapat banyak pro dan kontra di masyarakat. Divisi Humas Polri dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-75 mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19 gratis kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Biro Multimedia, Divisi Humas Polri dalam mensosialisasikan program vaksinasi massal Covid – 19 yang diselenggarakan oleh Polri dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 75. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi hasil penelitian. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teori strategi komunikasi model Onong U. Effendy untuk mendapatkan jawaban penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Biro Multimedia, Divisi Humas Polri menerapkan tahapan – tahapan strategi komunikasi mulai dari mengenali sasaran komunikasi, menentukan saluran media komunikasi, memproduksi pesan komunikasi, membentuk identitas komunikator. Secara garis besar tujuan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Biro Multimedia, Divisi Humas Plri melahirkan pesan – pesan informatif, edukatif, dan memotivasi. Selain itu teknik komunikasi persuasif juga diterapkan pada pesan sosialisasi, teknik – teknik diantaranya; teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik asosiasi. Kata kunci: Komunikasi, Program vaksinasi covid-19, Strategi