%A 1813043003 Nursya Fathin Nadiya %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori belajar kognitif dan konsep pembelajaran daring. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembimbing ekstrakurikuler tari dan siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari seperti perencanaan yang tidak memiliki acuan seperti RKH (Rencana Kegiatan Harian), RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dan LMS (Learning Management System) menyebabkan pelaksanaan pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari menjadi tidak terarah seperti jadwal latihan yang berubah-ubah, tidak adanya media untuk guru memberikan materi kepada siswa, dan penggunaan aplikasi zoom yang tidak maksimal. Hal tersebut sesuai dengan teori belajar kognitif oleh Robert M. Gagne, adanya interaksi antara kondisi internal dan eksternal yang mempengaruhi implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari. Kondisi internal seperti guru dan siswa yang belum menyesuaikan diri terhadap pandemi COVID-19. Faktor eksternalnya merupakan sekolah yang belum menyediakan media yang memadai dan adanya pandemi COVID-19 yang merubah tatanan pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ekstrakurikuler tari secara daring tidak terlaksana secara maksimal. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, Ekstrakurikuler Tari %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints65715