TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65717 UR - http://digilib.unila.ac.id/65717/ A1 - Adinda Aisyah Putri, 1516031036 Y1 - 2022/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru di sekolah inklusi SMP Negeri 14 Bandar Lampung pada siswa yang dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus yaitu lamban belajar dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa guru menggunakan komunikasi verbal berupa lisan dan tulisan, serta komunikasi nonverbal berupa bahasa tubuh, sentuhan dan parabahasa. Komunikasi verbal dan nonverbal guru yang dikaitkan dengan lima aspek efektivitas komunikasi Joseph A. Devito terbukti berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa lamban belajar. Aspek yang paling berperan adalah mendukung, sedangkan aspek yang kurang berperan adalah kesetaraan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru, siswa lamban belajar menjadi lebih percaya diri dalam proses pembelajaran, siswa lamban belajar menjadi lebih giat belajar, dan nilai akademik siswa meningkat. Kata kunci: Komunikasi Antarpribadi, Anak Lamban Belajar, Motivasi Belajar. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU PADA ANAK LAMBAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru di Sekolah Inklusi SMP Negeri 14 Bandar Lampung) AV - restricted ER -