creators_name: Maura Bintang Lestari, 1615012011 type: other datestamp: 2022-08-26 03:14:53 lastmod: 2022-08-26 03:14:53 metadata_visibility: show title: PERANCANGAN SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERMAKULTUR ispublished: pub subjects: 720 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK PERANCANGAN SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERMAKULTUR Oleh Maura Bintang Lestari Pendidikan merupakan aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bangsa. Saat ini, sistem pendidikan yang ada masih didominasi oleh sistem pendidikan konvensional yang mengharuskan siswa berada dalam ruang tertutup. Hal ini menyebabkan kurangnya interaksi siswa dengan lingkungan sekitarnya, padahal lingkungan juga merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan siswa, untuk itu diperlukan suatu sistem pendidikan non-konvensional yang dapat mengakomodasi kegiatan belajar siswa dengan melibatkan lingkungan di dalamnya. Sekolah alam dianggap cocok untuk mewujudkan sistem ini karena sekolah alam merupakan suatu lembaga pendidikan yang menjadikan alam sebagai sumber, sarana dan prasarana dalam menjalankan fungsinya. Sekolah alam diharapkan dapat menjadi sebuah konsep pendidikan yang meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan mengajarkan peran penting lingkungan sehingga meciptakan generasi penerus yang mengedepankan sustainability dan keberlangsungan lingkangan yang baik. Tema yang digunaka dalam perancangan Sekolah Alam ini adalah Arsitektur Permakultur. Arsitektur Permakultur merupakan cabang ilmu ekologi yang menciptakan integrasi anatara bangunan, lingkungan dan manusia sehingga membentuk suatu ekosistem yang mandiri dan menguntungkan. Arsitektur Permakultur memanfaatkan potensi lingkungan dan mengutamakan penggunaan sumber daya lokal. Kata Kunci : Sekolah Alam, Permakultur, lingkungan. sustainability, bambu   ABSTRACT PERANCANGAN SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERMAKULTUR By Maura Bintang Lestari Education is an important aspect un the growth and development of the nation. Currently, the existing education system is still dominated by the conventional education system which requires students to in a closed room. This cause lack of students interaction with the surrounding environment even though the environment is also an important aspect in student development, for that we need a non-conventional education system that can accommodate student learning activities by involving the environment in it. Natural school is considered suitable for realizing this system because nature schools are educational institutions that use nature as a source, facilities and infrastructure in carrying out their functions. The nature school is expected to become an educational concept that improves the quality of education in Indonesia and teaches the important role of environment. The theme used in the design of this natural school is Permaculture Architecture. Permaculture architecture is a branch of ecology that creates integration between buildings, environment and humans to form an independent and profitable ecosystem. Permaculture architecture exploits the potential of environment and prioritizes the use of local resources. Keywords: Nature School, Permaculture, environment, sustainability, bamboo date: 2022-06-22 date_type: published publisher: TEKNIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Maura Bintang Lestari, 1615012011 (2022) PERANCANGAN SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERMAKULTUR. TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/65726/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/65726/2/SKRIPSI%20FULL%20DIGILIB.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/65726/3/SKRIPSI%20TIDAK%20FULL%20DIGILIB.pdf