TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65733 UR - http://digilib.unila.ac.id/65733/ A1 - Haura Nabilah, 1813021032 Y1 - 2022/08/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Barat semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas VIII-E sebanyak 31 siswa dan VIII-F sebanyak 32 siswa sebagai sampel. Metode pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan alat peraga lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran yang menggunakan model problem based learning berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: problem based learning, alat peraga, kemampuan pemecahan masalah matematis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA(Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022) AV - restricted ER -