TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65797 UR - http://digilib.unila.ac.id/65797/ A1 - Reza Julian, 1613053089 Y1 - 2022/07/18/ N2 - Kunci utama keberhasilan guru dalam mengelola pembelajaran adalah kompetensi pedagogik. Guru yang tidak kompeten dalam melaksanakan tugasnya akan menghambat terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas sehingga akan berdampak pada kualitas pendidikan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 01 Bukit Kemuning. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru sudah cukup baik: 1) Pemahaman terhadap peserta didik oleh guru. Pemahaman terhadap perbedaan karakteristik, kepribadian, dan potensi peserta didik sudah cukup baik; 2) Perancangan pembelajaran oleh guru seperti materi pembelajaran, RPP, pengaturan kelas, media pembelajaran, dan alat penilaian sudah direncanakan oleh guru sebelum mengajar. 3) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru seperti menerapkan keterampilan dasar mengajar, menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, membuat kelas tetap kondusif, memotivasi peserta didik agar terlibat aktif mengikuti pembelajaran sudah dilakukan oleh guru. 4) Evaluasi hasil belajar sudah dilaksanakan seperti melaksanakan kegiatan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut setelah dilaksanakan evaluasi sudah dilakukan oleh guru. 5) Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya sudah dilakukan oleh guru. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - Kompetensi Pedagogik guru SD Negeri 01 Bukit Kemuning AV - restricted ER -