TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints658 UR - http://digilib.unila.ac.id/658/ A1 - , Hj. HARYATI Y1 - 2011/09/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas metode pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SDN 2 Jagabaya 1 Bandar Lampung. Penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar yang terdiri dari 5 soal pilihan jamak 5 soal isian singkat. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok. Pada siklus I, rata-rata prestasi belajar IPS adalah 64,04 dan jumlah siswa yang mencapai KKM 52%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 69,76 dan ketuntasan siswa menjadi 72%. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat menjadi 74,68 dan ketuntasan yang dicapai menjadi 84%. Sehubungan dengan itu, maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui diskusi kelompok pada kelas IV SDN 2 Jagabaya 1 Bandar Lampung. Kata kunci: Prestasi belajar, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif dan Diskusi Kelompok. PB - Fakultas KIP TI - UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JAGABAYA 1 BANDARLAMPUNG AV - restricted ER -