@mastersthesis{eprints6582, month = {Desember}, title = {PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN PENGGUNAAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 AMBARAWA}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = { 1023011081 SETIARSO}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6582/}, abstract = {PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN PENGGUNAAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 AMBARAWA Oleh SETIARSO Tujua penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh: 1) kreativitas guru terhadap prestasi belajar Biologi, 2) penggunaan advance organizer terhadap prestasi belajar Biologi 3) kreativitas guru dan penggunaan advance organizer secara simultan terhadap prestasi belajar Biologi pada kelas XII IPA SMA Negeri1 Ambarawa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah murid-murid di SMAN 1 Ambarawa, yang berjumlah 60 orang, yang terdiri dari siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 30 orang dan XII IPA 2 yang berjumlah 30 orang. Dari populasi tersebut kesemuanya diambil sebagai sampel penelitian. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasional dan regresi baik secara sederhana maupun ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi product poment dan korelasi ganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru terhadap prestasi pebelajar Biologi, prestasi pebelajar biologi naik sebesar 0,029 dengan konstanta 85,225. 2) terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan advance organizer terhadap prestasi pebelajar Biologi, kenaikan skor penggunaan advance organizer terhadap prestasi pebelajar Biologi naik sebesar 0,456 dengan konstanta 45,458 , 3) terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru dan penggunaan advance organizer terhadap prestasi belajar Biologi, dengan konstanta 51,205. Kata kunci: kreativitas guru, penggunaan advance organizer, prestasi belajar Biologi} }