title: PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN PhET SIMULATION BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA creator: Fitri Nur Hidayah, 1813022007 subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis PBL pada materi pemanasan global yang valid, praktis dan efektif. E-LKPD dikembangkan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. E-LKPD dibuat menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate. Penelitian ini menggunakan Design & Development Research (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil validasi produk dilakukan oleh ahli mendapat skor rata-rata 3,43 dengan kategori sangat valid. E-LKPD berbasis PBL berbantuan PhET simulation untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, praktis digunakan sebagai bahan ajar pada topik pemanasan global untuk peserta didik kelas XI semester genap berdasarkan penilaian yang didapat dari uji keterbacaan, uji respon guru, dan uji respon peserta didik dengan persentase sebesar 78%. E-LKPD berbasis PBL berbantuan PhET simulation untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis efektif digunakan sebagai bahan ajar karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan hasil pretest dan posttest, dengan N-Gain 0,22 kategori rendah. Kata kunci: E-LKPD, berpikir Kritis, problem based learning publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-08-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65848/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65848/3/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65848/2/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Fitri Nur Hidayah, 1813022007 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN PhET SIMULATION BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/65848/