title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar creator: Putri Rahayu, 1813053067 subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peeserta didik kelas IV di SD Negeri Gugus 2 Kampung Baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Desain penelitian menggunakan Pre￾Exsperimental Design dengan jenis One Group Pre test Post test Design. Populasi berjumlah 111 dan sampel yang digunakan yaitu 20 peserta didik kelas IV A, sampel ditentukan dengan teknik cluster rendom sampling. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Kampung Baru yang ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung (8,08) > ttabel (2,093). Kata kunci: kemampuan berpikir publisher: FKIP date: 2022-07-27 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65902/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65902/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65902/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Putri Rahayu, 1813053067 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/65902/