@misc{eprints65964, month = {Agustus}, title = {PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR MARGO}, author = {1853024002 Made Loka Widya Santi}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FAKULTAS FKIP}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/65964/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi sistem pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar Margo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi exsperimen design (desain eksperimen semu) dengan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, dan posttest sebagai hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,00 {\ensuremath{<}} 0,05 menyatakan bahwa H{$_1$} diterima dan H{$_0$} ditolak sehingga terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan. Dan didapatkan hasil rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen dengan skor 75,87; dengan kriteria ?sedang?. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata nilai posttest dengan skor 54,88; dengan kriteria ?rendah?. Analisis statistik dengan uji mann whitney menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Video, Berpikir Kritis } }