TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints65982 UR - http://digilib.unila.ac.id/65982/ A1 - Sela Rindiantika, 1813031013 Y1 - 2022/08/12/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran ekonomi bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan pemanfaatan Smartphone terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK Negeri 1 Buay Madang. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan Akuntansi dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang berjumlah 51 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh yang artinya seluruh siswa dijadikan sampel. Analisis pengujian variabel pada penelitian ini menggunakan analisis secara parsial (uji t) dan simultan (uji f). Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh variabel motivasi belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan Smartphone terhadap hasilibelajar mata pelajaraniekonomi bisnisikelas X SMK Negeri 1iBuay Madang berpengaruh dan signifikan. Secara simultan keseluruhan motivasi belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan Smartphone berpengaruh terhadap hasilibelajar mata pelajaraniekonomi bisnisikelas X SMK Negeri 1iBuay Madang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji f yang menunjukan fhitung > ftabel atau 5,748 > 2,80 dengan nilai R Square sebesar 0,268. atau 26,8%, yang artinya seluruh variabel berpengaruh hasilibelajar mata pelajaraniekonomi bisnisikelas X SMK Negeri 1iBuay Madang. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Smartphone PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PEMANFAATAN SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X SMK NEGERI 1 BUAY MADANG AV - restricted ER -