title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS I SDIT AL BANNA NATAR creator: SUKESIH, 1813053046 subject: 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus subject: 372 Pendidikan dasar description: ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS I SDIT AL BANNA NATAR Oleh Sukesih Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca dan menulis peserta didik kelas I SDIT Al Banna Natar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media flashcard terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik kelas I SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yaitu quasi experiment design dengan desain penelitian non equivalent group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas I SDIT Al Banna Natar Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas I Al Kahfi berjumlah 26 peserta didik dan kelas I Al Kautsar berjumlah 26 peserta didik yang diambil menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media flashcard terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik kelas I SD. Kata kunci: keterampilan membaca dan menulis, kooperatif, make a match, media flashcard ABSTRACT INFLUENCING THE MAKE A MATCH TYPE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL USING FLASHCARD MEDIA ON THE READING AND WRITING SKILLS OF CLASS I STUDENTS AT SDIT AL BANNA NATAR By Sukesih The problem in this research is the low reading and writing skills of the first-grade students of SDIT Al Banna Natar. This research aims to determine the effect of applying the make a match type of cooperative learning model using flashcard media on the reading and writing skills of first-grade elementary school students. This type of research is an experimental approach, namely a quasi-experimental design with a non-equivalent group design research design. The research population is all first grade students at SDIT Al Banna Natar for the 2021/2022 academic year. The research sample was the first grade students of Al Kahfi collecting 26 students and the first class of Al Kautsar as many as 26 students who were taken using a non-probability sampling technique, namely saturated sampling. The results showed that there was a positive and significant effect of the application of the make a match type cooperative learning model using flashcard media on the reading and writing skills of first-grade elementary school students. Keywords: reading and writing skills, cooperative, make a match, flashcard media. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-08-01 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65985/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65985/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/65985/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SUKESIH, 1813053046 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS I SDIT AL BANNA NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/65985/