title: STUDI KASUS KESULITAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN creator: MILA RATNA SARI, 1813054041 subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas B sebanyak 2 anak di TK Amarta Tani Bandarlampung yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran mengenal huruf. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dibuktikan dengan catatan anekdot dan dokumentasi. Sumber data: guru, orang tua, dan anak. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan didapatkan data faktor yang menyebabkan anak kesulitan mengenal huruf berasal dari faktor internal dan eksternal yang meliputi rendahnya minat dan semangat belajar anak, kurang lengkapnya penyediaan media pembelajaran, dan kurang intensnya keikutsertaan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Kata Kunci: anak usia dini, mengenal huruf. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-08-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/66031/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/66031/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/66031/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHSAN.pdf identifier: MILA RATNA SARI, 1813054041 (2022) STUDI KASUS KESULITAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/66031/