creators_name: NICHOLA EKA BUANA, 1813024031 creators_id: nicholaeka@gmail.com type: other datestamp: 2022-09-19 07:34:38 lastmod: 2022-09-19 07:34:38 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMAN 1 PASIR SAKTI ispublished: pub subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Pasir Sakti. Penelitian ini merupakan penelitian quasieksperimental dengan desain pretest-posttest non-equialent control group design. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas X SMAN 1 Pasir Sakti tahun ajaran 2021-2022. Dari populasi diambil dua kelompok kelas sebagai sampel dengan teknik random sampling, didapatkan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda mengukur kemampuan literasi sains siswa pada dua aspek literasi sains yakni aspek konten dan kompetensi. Instrumen angket berisi pertanyaan terkait respon siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan E-LKPD berbasis PBL. Analisis data dilakukan dengan uji statistik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan kelas eksperimen yang menggunakan E-LKPD berbasis PBL memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,13 dengan kategori rendah. Peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen juga terlihat baik pada aspek konten maupun kompetensi. Persentase hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran mendapatkan rerata 80,54 yang dapat diinterpretasikan sebagai respon yang baik. Uji independent sample t-test terhadap skor N-Gain siswa menunjukan hasil sig. (2-tailed) < 0,05 maka membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunakan ELKPD berbasis PBL terhadap ketercapaian kemampuan literasi sains siswa. Kata kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Literasi sains date: 2022-09-05 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: NICHOLA EKA BUANA, 1813024031 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMAN 1 PASIR SAKTI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/66142/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/66142/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/66142/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASNA.pdf