%A 1813021028 MITA DWI SARI %T PENGARUH IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN POWTOON TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Brain Based Learning berbantuan Powtoon ditinjau dari peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebanyak 36 siswa dan XI IPA 3 sebanyak 36 siswa, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti Brain Based Learning berbantuan Powtoon lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, implementasi Brain Based Learning berbantuan Powtoon berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci : Brain Based Learning, kemampuan berpikir kritis matematis, pengaruh, Powtoon %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints66157