TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints66160 UR - http://digilib.unila.ac.id/66160/ A1 - Endang Kasihati, 1714131043 Y1 - 2022/08/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat untuk diterapkan pada agroindustri keripik pisang Kharisma. Responden yang digunakan sebanyak 5 orang terdiri dari 1 pemilik, 2 karyawan, dan 2 konsumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan studi kasus. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif diperoleh berdasarkan pengamatan lapangan dan wawancara langsung dengan pemilik usaha, karyawan produksi, karyawan penjualan, dan konsumen. Analisis kuantitatif digunakan pada matriks EFE, IFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dalam pemasaran agroindustri keripik pisang kharisma adalah produk, harga, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses sedangkan faktor eksternal adalah pesaing, konsumen, teknologi, pemasok, dan pemerintah. Kondisi yang terjadi pada pemasaran Agroindustri Keripik Pisang Kharisma pada masa pandemi adalah omzetnya menurun karena konsumen menurun akibat pandemi. Strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh Agroindustri Keripik Pisang Kharisma adalah membuat kemasan yang unik agar produk lebih dikenal dan meningkatkan nilai jual sehingga lebih kompetitif di pasaran, mengoptimalkan penggunaan lokasi usaha yang strategis untuk meningkatkan penjualan volume, produksi, dan daya saing, memanfaatkan fasilitas dan teknologi agar produk tetap berkualitas untuk menciptakan citra produk yang baik dimata konsumen agar mampu bersaing, meningkatkan kinerja perusahaan dengan pengelolaan perusahaan yang baik, fasilitas yang lengkap, dan penerapan produksi yang optimal teknologi untuk produk berkualitas. Kata kunci: Agroindustri, pandemi, pisang, pemasaran, strategi PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - ANALISIS STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG KHARISMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -