%0 Generic %A Verdiyanti Agus Wildiyani, 1813053029 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:66169 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI %U http://digilib.unila.ac.id/66169/ %X Masalah pada penelitian ini adalah kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 3 Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendampingan belajar orang tua dengan kemampuan membaca peserta didik. Metode penelitian ini adalah korelasi person product moment jenis expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 55 peserta didik, dengan sampel sebanyak 55 peserta didik kelas IIA dan IIB, sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan dengan kuesioner jenis skala likert dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pendampingan belajar orang tua dengan kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 3 Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran. Kata kunci: hubungan, kemampuan membaca, pendampingan belajar