TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints66192 UR - http://digilib.unila.ac.id/66192/ A1 - Nurul Aulia Dewi, 1813053011 Y1 - 2022/08/25/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo Tahun Pelajaran 2021/2022 . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 65 peserta didik dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data berupa angket perhatian orang tua dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini berarti semakin tinggi perhatian yang diberikan orang tua kepada peserta didik, maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. Begitu juga sebaliknya apabila perhatian yang diberikan rendah maka hasil belajar peserta didik juga akan rendah. Kata kunci: hasil belajar matematika, perhatian orang tua. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -