%A 1723031019 VIVA DESI HANDAYANI %T PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID 19 SISWA KELAS X SMA AL HUDA LAMPUNG SELATAN %X Peningkatan mutu pendidikan dimulai dari merubah, strategi pembelajaran salah satunya ialah dengan penggunaan media pembelajaran supaya siswa tidak merasa monoton dan tidak merasa bosan dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran Geografi yang umumnya di anggap sulit sehingga berdampak pada hasil belajar geografi rendah. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar geografi dibutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik yaitu pemanfaatan media pembelajaran sistem informasi geografi (SIG). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Al Huda tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T. Hasil Hasil angket respon siswa pembelajaran yang menggunakan media Sistem Informasi Geografi (SIG) menunjukkan sebagian besar siswa merespon positif. Peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat dilihat dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,499 > 2.00030, sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Sistem Informasi Geografi (SIG) dengan yang tidak menggunakan media Sistem Informasi Geografi (SIG). Berdasar kan uji t terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui media Sistem Informasi Geografi (SIG) Kata Kunci : Media Pembelajaran, SIG, Hasil Belajar Geografi Improving the quality of education starts from changing, one of the learning strategies is by using learning media so that students do not feel monotonous and do not feel bored in learning, especially in learning geography which is generally considered difficult so that it has an impact on low geography learning outcomes. Efforts to improve geography learning outcomes require more interesting learning media, namely the use of geographic information system (GIS) learning media. This research is a quantitative research. The population of this research is all class X SMA Al Huda in the academic year 2021/2022. Data collection techniques used are tests, interviews, documentation. The analytical technique used in this study is the T test. Results The results of the student response questionnaire using the Geographic Information System (GIS) media showed that most of the students responded positively. The increase in student learning outcomes through the Geographic Information System (GIS) learning media can be seen from the t test results obtained tcount > ttable which is 20,499 > 2,00030, so that there is a difference in the increase in student learning outcomes who use the Geographic Information System (GIS) learning media and those who do not use the media. Geographic Information System (GIS). Based on the t test, there is an increase in student learning outcomes through Geographic Information System (GIS) media. Keywords: Learning Media, GIS, Geography Learning Outcomes %D 2021 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints66236