%A INDAH PURNOMOWATI %T MODEL E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI INDONESIA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi e-CRM dalam membangun loyalitas pengguna zakat online pada lembaga amil zakat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial, teori perilaku konsumen, dan theory of reason action untuk mengetahui sikap masyarakat muslim dalam membangun loyalitas penggunaan layanan e-zakat. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan 742 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tiga dimensi pada electronic customer relationship management yaitu pre-service, at-service, dan post-service membangun sikap masyarakat muslim dalam mempercayai layanan e-zakat users sehingga mereka menjadi loyal untuk melakukan pembayaran zakat melalui media elektronik. Di sisi lain, religiusitas memperkuat trust terhadap e-zakat users, sedangkan risk perceived juga memperkuat attitude terhadap e-zakat users. Penelitian ini memberikan implikasi pada para penyedia layanan elektronik zakat untuk memperhatikan keamanan sistem dan transparansi sehingga memudahkan masyarakat muslim untuk bertransaksi pembayaran zakat menggunakan layanan e-zakat. Nilai keaslian dan kebaruan penelitian ini terdapat pada kajian peran variabel religiosity sebagai pemoderasi hubungan antara trust terhadap e-zakat users pada Lembaga Amil Zakat. Kata kunci: e-CRM, trust, attitude, religiosity, risk perceived, e-zakat users, satisfaction, loyalt %D 2022 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints66249