%0 Generic %A RISNA SAKINAH RINJANI, 1853053011 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:66264 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA %U http://digilib.unila.ac.id/66264/ %X ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA Oleh RISNA SAKINAH RINJANI Masalah dalam penelitian adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariatif sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 1 Beringin Raya Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Beringin Raya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V B dan V D yang masing- masing terdiri dari 28 orang peserta didik sehingga sampel berjumlah 56 orang peserta didik. Teknik pengambilan menggunakan non probability sampling. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana, terdapat pengaruh penerapan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Beringin Raya Bandar Lampung. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, powerpoint interaktif ABSTRACT THE EFFECT OF APPLICATION OF POWERPOINT S INTERACTIVE ON 5 TH GRADE STUDENTS' THEMATIC LEARNING OUTCOMES OF SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA By RISNA SAKINAH RINJANI The problem in this research was the used of learning media that is less varied, resulting in low thematic learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 1 Beringin Raya Bandar Lampung. This study aims to determine the effect of the application powerpoint on thematic learning outcomes in fifth grade students of SD Negeri 1 Beringin Raya. This type of research is a Quasi Experimental Design with a Nonequivalent Control Group Design. The sample in this study was class V B and V D, each of which consisted of 28 students, so the sample was 56 students. The retrieval technique uses non-probability sampling. Based on the results of the analysis using a linear regression , there is an effect of the application powerpoint on thematic learning outcomes in fifth grade students of SD Negeri 1 Beringin Raya Bandar Lampung. Keywords: learning outcomes, powerpoint interactive, thematic learning