title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022) creator: Nefce Beltica Sari , 1813021001 subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam description: ABSTRAK PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022) Oleh NEFCE BELTICA SARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi ke dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan dipilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, model discovery learning. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/66272/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/66272/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/66272/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Nefce Beltica Sari , 1813021001 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/66272/