%A 1813021051 Nadia Angelina Br Ginting %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 33 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022) %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model mind mapping terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 33 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, model pembelajaran mind mapping, pemahaman konsep matematis. %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1813021051 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints66275