TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints66284 UR - http://digilib.unila.ac.id/66284/ A1 - Umi Nurzahra , 1813054005 Y1 - 2022/08/19/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf abjad anak di usia 5-6 tahun yang belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan kotak pintar terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pretestposttest. Sampel dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon signed rank test. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan spss diperoleh Asymp.sig sebesar 0,005 dan hipotesis penelitian diterima jika Asymp.sig < 0,05. Maka nilai signifikansi penelitian ini lebih kecil dari 0,05 dan hipotesis diterima. Sehingga dengan hasil data yang diperoleh menunjukan adanya pengaruh dari penggunaan media permainan kotak pintar terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun di TK Al Azhar 7 Hajimena Lampung Selatan. Kata kunci: anak usia dini, media kotak pintar, kemampuan mengenal huruf abjad PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MEDIA PERMAINAN KOTAK PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL AZHAR 7 HAJIMENA LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -