TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints66351 UR - http://digilib.unila.ac.id/66351/ A1 - Devita Kusmelinda, 1853023002 Y1 - 2022/08/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajar-an inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan menganalisis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol menggunakan teknik purposive sampling . Design penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan the Matching- only pretest-posttest control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) untuk nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol serta pada kelas eksperimen memiliki rata-rata n-gain yang berkategori tinggi. Hasil uji perbedaan dua rata- rata menunjukkan ter-dapat perbedaan rata-rata nilai postes yang signifi-kan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa efektif untuk meningkatkan keterampilan menganalisis peserta didik. Kata kunci: Inkuiri terbimbing , laboratorium virtual, asam basa, keterampilan menganalisis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS AV - restricted ER -