%A 1813022036 ASIH SETIANA %T PENGARUH MEDIA VIRTUAL LABORATORY DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH PADA MATERI HUKUM OHM %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media virtual laboratory menggunakan model Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah pada materi hukum Ohm. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode Quasi experimental menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Banjar Agung pada kelas sampel yaitu X A Multimedia tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 28 siswa. Data keterampilan komunikasi ilmiah siswa materi hukum Ohm diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji hipotesis menggunakan uji Paired sample t-test. Hasil penelitian ini diperoleh nilai N-Gain sub materi hukum Ohm sebesar 0,63 kategori sedang dan sub materi hambatan kawat listrik sebesar 0,67 kategori sedang. Hasil uji Paired sample ttest dari dua sub materi diperoleh nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 sebesar 0,000. Peningkatan capaian rata-rata indikator keterampilan komunikasi ilmiah pada kedua sub materi mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media virtual laboratory dengan model problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah siswa. Kata kunci: keterampilan komunikasi ilmiah; hukum Ohm; model problem based learning; virtual laboratory %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints66357