%0 Generic %A RIZQI AMALIA BERLIANTI, 1813053038 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:66405 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI %U http://digilib.unila.ac.id/66405/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V SD Se-Kecamatan Sumberejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap literasi numerasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 523 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 107 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner, soal dan studi dokumen dan teknik analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif dan signifikan lingkungan belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap literasi numerasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar se- Kecamatan Sumberejo, ditunjukkan dengan koefisien regresi variabel lingkungan belajar (X1) sebesar -0,608 fasilitas belajar (X2) sebesar -0,408 (sig<0,005, sig=0,000), koefisien determinasi (R2) sebesar 0,140 yang mempunyai arti bahwa lingkungan belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh 14% terhadap literasi numerasi peserta didik dan 86% sisanya dipengaruhi oleh oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: fasilitas belajar, lingkungan belajar, literasi numerasi, peserta didik, sekolah dasar.