@misc{eprints66492, month = {Juli}, title = {TINJAUAN TUNDAAN PERJALANAN PERLINTASAN SEBIDANG PADA SEGMEN JALAN HAJI KOMARUDIN MENGGUNAKAN METODE GELOMBANG KEJUT }, author = {1615011067 M. ARIF YOGA SEMBADA}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Teknik}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/66492/}, abstract = {Perlintasan sebidang jalan rel kereta api pada segmen ruas Jalan H. Komarudin Bandar Lampung sering menimbulkan kemacetan sehingga menyebabkan tundaan dan panjang antrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai arus, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas yang terjadi di perlintasan sebidang kereta api di Jalan H. Komarudin serta mengetahui besarnya tundaan dengan metode gelombang kejut berdasarkan nilai EKR (Ekuivalen Kendaraan Ringan) yang diperoleh dari metode rasio headway. Perhitungan nilai gelombang kejut berdasarkan model linier Greenshields. Hasil penelitian pada pengamatan menunjukkan peningkatan waktu tempuh dari 11,86 detik menjadi 17,55 detik akibat adanya antrian kendaraan. Sedangkan Gelombang kejut yang terjadi pada ruas Jalan H. Komarudin akibat antrean perlintasan sebidang jalan rel secara berturut-turut adalah sebagai berikut gelombang kejut maju bentukan ({\ensuremath{\omega}}da) sebesar 14,41 km/jam; gelombang kejut mundur bentukan ({\ensuremath{\omega}}ab) sebesar -2,22 km/jam; gelombang kejut maju pemulihan ({\ensuremath{\omega}}dc) sebesar 18,53 km/jam; gelombang kejut mundur pemulihan ({\ensuremath{\omega}}cb) sebesar -5,24 km/jam; dan gelombang kejut maju pemulihan ({\ensuremath{\omega}}ac) sebesar 9,56 km/jam. Kata Kunci: Tundaan, Gelombang Kejut, Ekuivalensi Kendaraan Ringan (EKR), headway, Model Greenshield, Panjang Antrian} }