%A Suharsih Pawirorejo %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KARANG ANYAR KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 3 Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 3 Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran melalui penerapan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) merencanakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 53,43 % (kategori sedang), siklus II 75,09 % (kategori tinggi). Rata-rata persentase tuntas belajar siswa 59,26% pada siklus I (kategori sedang), dan tuntas belajar siswa 100% pada siklus II (kategori sangat tinggi). Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Media Gambar. %C Universitas Lampung %D 2014 %I FKIP %L eprints665