%0 Generic %A YOLA ELSA ELDIANA , 1813053025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:66515 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD N 1 TAMBAHREJO PASCA PANDEMIC COVID-19 %U http://digilib.unila.ac.id/66515/ %X ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD N 1 TAMBAHREJO PASCA PANDEMIC COVID-19 Oleh Yola Elsa Eldiana Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Tambahrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto . Populasi berjumlah 43 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo. Sampel dalam penelitan ini adalah 43 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh . Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana . Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo dengan nilai Y = 30,75+0,534 X. Kata kunci : keterampilan sosial, kooperatif, team games tournament The problem in this study is the low social skills of fourth grade students SD Negeri 1 Tambahrejo. This study aims to analyze the effect of the application of cooperative learning model type Team Games Tournament (TGT) to the social skills of fourth grade students in SD Negeri 1 Tambahrejo. This type of research is quantitative research with ex post facto research methods . The population amounted to 43 fourth grade students SD Negeri 1 Tambahrejo. The samples in this study were 43 fourth grade students of SD Negeri 1 Tambahrejo samples determined by saturated sample technique . Data collection techniques using documentation studies and questionnaires with likert scale. Data analysis using simple linear regression formula. The Data were analyzed by simple linear regression. The results showed that the cooperative learning model type Team Games Tournament (TGT) affect the social skills of fourth grade students SD Negeri 1 Tambahrejo with a value of Y = 30.75+0.534 X. Keywords: social skills, cooperative, team games tournament