TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints66516 UR - http://digilib.unila.ac.id/66516/ A1 - AMILYA MARHAMAH, 1813053001 Y1 - 2022/08/03/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kampug Baru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe time token terhadap keaktifan didik kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain Penelitian ini menggunakan Nonequaivalent Control group design. Populasi berjumlah 45 peserta didik. Sampel penelitan ini adalah 45 peserta didik yang terdiri dari kelas V A dan V B sampel ditentukan dengan teknik perposive sampling. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana . Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran cooprative learning tipe time token berpengaruh terhadap keaktifan belajar sebesar 0,6192 atau 61,92% sedangkan sisanya 38,08% dipengaruhi faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Pengaruh yang signifikan Dari penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe time token terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru. Kata kunci: cooperative learning, keaktifan belajar, time token PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 KAMPUNG BARU AV - restricted ER -