%0 Generic %A , HUSNANI %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:666 %I Fakultas KIP %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN MODEL PERMAINAN BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI 04 BUMI WARAS BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/666/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui penerapan model permainan bagi siswa SD Negeri 04 Bumi Waras Bandar Lampung, dengan jumlah siswa 35 orang terdiri dari 21 laki-laki dan 14 perempuan Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model permainan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Peningkatan aktivitas siklus pertama siswa yang aktif saat pembelajaran 68,57%, siklus dua 74,28%, dan siklus tiga menjadi 91,92%. Nilai prestasi belajar siswa yang mencapai ketuntasan siklus satu 80%, pada siklus dua siswa yang tuntas mencapai 85,72%, dan pada siklus tiga siswa yang tuntas meningkat mencapai 94,29%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model permainan merupakan salah satu alternatif yang baik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar.