%0 Generic %A Reni Ameliawati, 1713052049 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:66610 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022 %U http://digilib.unila.ac.id/66610/ %X Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kesulitan belajar siswa SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 pada masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk memaparkan hasil analisis pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling masuk dalam kategori baik dengan persentase 71%, dengan hasil 6 layanan (layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, konseling individu, konsultasi dan mediasi) masuk dalam kategori baik dan 1 layanan lainnya (layanan bimbingan kelompok) masuk dalam kategori kurang baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling sudah baik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 pada masa pandemi Covid-19. Kata Kunci: kesulitan belajar, pandemi covid-19, layanan, bimbingan dan konseling