@misc{eprints66643, month = {Agustus}, title = {ANALISIS RESPON DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI MTs MATHLA?UL ANWAR REJO AGUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN}, author = {1513024066 Resta Chintia}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/66643/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon dan keterampilan Berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII MTs Mathla?ul Anwar. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data respon diperoleh melalui angket respon peserta didik sedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari skor pretest dan posttest. Data respon dianalisis secara deskriptif dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata dari masing-masing indikator ialah sedang. Hasil penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi didapatkan kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,3894) sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,3507) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan respon dan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan. Kata kunci : Discovery Learning, Respon, keterampilan berpikir tingkat tinggi } }