%A 2021011032 Alvita Raissa Marza %T PENGARUH ALTRUISTIC VALUE DAN EGOISTIC VALUE TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI PRODUK KOSMETIK HIJAU DI INDONESIA %X Indonesia merupakan negara berkembang dengan berbagai permasalahan lingkungan, seperti limbah padat dan pencemaran sumber air yang dapat disebabkan oleh kegiatan konsumsi, salah satunya konsumsi produk kosmetik. Pada tahun 2020, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan telah menemukan lebih dari sepuluh miliar rupiah peredaran kosmetik ilegal. Masalah lingkungan dan peredaran kosmetik hijau di Indonesia dapat mengubah pola konsumsi masyarakat Indonesia. Sangat penting untuk menganalisis perilaku konsumen karena konsumen adalah anggota masyarakat yang membuat keputusan mengenai konsumsi suatu produk. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen adalah nilai. Dua nilai memiliki nilai yang sangat tinggi pada perilaku konsumen: altruistic value dan egoistic value. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh altruistic value dan egoistic value terhadap sikap dan niat beli kosmetik hijau. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 400 sampel yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis structural equation modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa altruistic value dan egoistic value berpengaruh terhadap sikap dan niat beli kosmetik. Selain itu, nilai egoistik memiliki dampak yang lebih besar pada sikap dan niat beli kosmetik hijau. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap mempengaruhi niat beli kosmetik hijau. Kata Kunci: Kosmetik Hijau, Altruistic value, Egoistic value, Sikap, Niat Beli %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2021011032 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints66650