%0 Generic %A Novita Trisnawati , 1813033027 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:66657 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022 %U http://digilib.unila.ac.id/66657/ %X Proses pelaksanaan pada kegiatan pembelajaran di Indonesia mengalami perubahan sebagai akibat dari adanya pandemi Covid-19 dan menyebabkan pembelajaran secara langsung menjadi pembelajaran daring. Perubahan tersebut menimbulkan adanya kendala dari siswa yang ke depannya akan mempengaruhi hasil belajar siswa, termasuk sekolah SMA YP Unila Bandar Lampung Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa pada pembelajaran daring dengan data berupa data kualitatif. Populasi pada penelitian yaitu 370 siswa dengan mencangkup sebelas kelas yang diajarkan oleh guru sejarah sebagai objek penelitian. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling dengan 10% setiap kelas dan mendapatkan sampel sebanyak 36 siswa. Terdapat tujuh upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menyiapkan fisik dan mental siswa, konsentrasi dan motivasi siswa, menggunakan model dan strategi pembelajaran yang beragam, belajar sesuai dengan gaya belajar, belajar secara menyeluruh dan membiasakan berbagi. Upaya tersebut disesuaikan dengan pembelajaran daring sehingga nilai mid semester ganjil dapat meningkat pada mid semester genap. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut, membuktikan bahwa upaya guru dapat berhasil meskipun keadaan proses pembelajaran berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan. Kata Kunci : Upaya Guru, Hasil Belajar, Sejarah, Pembelajaran Daring The process of implementing learning activities in Indonesia has changed as a result of the Covid-19 pandemic and has caused direct learning to become online learning. These changes lead to obstacles from students which in the future will affect student learning outcomes, including SMA YP Unila Bandar Lampung This research is a descriptive study with a qualitative research method approach. The purpose of this study was to identify and describe the teacher's efforts in improving student history learning outcomes in online learning with qualitative data. The population in this study was 370 students covering eleven classes taught by history teachers as the object of research. The sample in this study used the Quota Sampling technique with 10% per class and got a sample of 36 students. There are seven teacher efforts made to improve student learning outcomes, namely preparing students' physical and mental, concentration and motivation of students, using various learning models and strategies, learning according to learning styles, learning thoroughly and getting used to sharing. These efforts are adapted to online learning so that the mid-odd semester scores can increase in the mid-even semesters. The increase in student learning outcomes proves that the teacher's efforts can be successful even though the state of the learning process turns into online learning. Keywords: Teacher Efforts, Learning Outcomes, History, Online Learning