@misc{eprints66667, month = {September}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SDN }, author = {netinurhandayani123@gmail.com Neti Nurhandayani }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/66667/}, abstract = { Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik kelas V Di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pebelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN Braja Fajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan non tes, analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN Braja Fajar dengan r tabel sebesar 0,473. Kata kunci: hasil belajar tematik, problem based learning (PBL) The problem in this study is the low thematic learning outcomes for class V in elementary schools. This study aims to determine the positive significant effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on the thematic learning outcomes of fifth grade students at SDN BrajaFajar. The method used in this study is a quasi-experimental research design with a non-equivalent control group design. The population in this study were all fivegradestudents, totaling 38 students, the sampling technique in this study used a purposive sampling.. The Data collection techniques in this study were tests and non-tests data analysis used a simple linier regression test. The results showed that there was an effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on the thematic learning outcomes of the fifth grade students of SDN BrajaFajar with an r table of 0,473. Keywords: problem based learning (PBL), thematic learning outcomes, } }