%0 Generic %A Riski Devi Apriani , 1813031036 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:66849 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T FENOMENA BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2018 %U http://digilib.unila.ac.id/66849/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kendala dalam belanja online mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2018. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2018. Sampel yang digunakan adalah 7 orang informan, diambil menggunakan teknik purposive sampling yang berarti sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Data pada penelitian ini adalah data primer, yang didapatkan secara langsung melalui informan yang merupakan mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2018. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, motif yang melatarbelakangi mahasiswa melakukan belanja online adalah kebutuhan yang tergolong ke dalam ultilitarian shopping motives, diikuti oleh keinginan dan pembelian spontan yang tergolong kedalam hedonic shopping motives. Dari hasil temuan di lapangan juga, kendala yang dialami mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2018 dalam aktivitas belanja online diantaranya adalah ketidaksesuaian barang, kesulitan akses internet, dan keterlambatan pengiriman barang. Kata kunci: fenomena, belanja online, motif, kendala