%A Rio Aringga %T HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PERGURUAN TINGGI YANG ADA DI JL. ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018 %X Lingkungan belajar mempunyai fungsi psikologis sedangkan minat adalah bagian dari aspek-aspek psikologis, maka bahasan megenai relasi antara keduanya kiranya menjadi suatu kebutuhan ilmiah. Penelitian dengan judul ?Hubungan Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi yang ada di Jl. Zainal Abidin Pagar Alam? memiliki rumusan masalah adakah hubungan antara lingkungan belajar dengan minat belajar Mahasiswa?. Penelitian ini menggunaan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Semua unsur dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi wakil dari populasi, maka pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Data akan dianalisa dengan statistik deskriptif. Landasan teori yang digunakan adalah teori Crow & Crow, Donald Olding Hebb, Cohen & Milgran. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan minat belajar Mahasiswa, dilihat dari tanggapan responden untuk setiap indikator dari sub variabel lingkungan belajar ii dan minat belajar, kedudukan lingkungan di kawasan Jl. Zainal Abidin terindikasi masih belum berperan sebagai pendorong minat belajar, artinya dari penelitian ini juga kiranya dapat dianalisa lebih jauh komponen apa saja yang perlu diberikan perlakuan untuk meningkatkan tata kelola. Kata kunci: lingkungan belajar, minat belajar The learning environment has psychological function, while interest is part of psychological aspects, then the discussion between of both would be a scientific need. Research with the title "Relationship between the Environment Learning with the Interest of College Student Learning at Jl. Zainal Abidin Pagar Alam" has formulation of the problem is there a relationship between the learning environment and student learning interest?. This study uses a survey method with quantitative approach. All elements of the population has similar opportunity to be representatives of the population, then the sample is recall with random sampling technique. Data will be analyzed with descriptive statistics. The theoretical foundation is used the theory of Crow & Crow, Donald Olding Hebb, Cohen & Milgran. Based on the results of the analysis, the conclusion obtained is there was a significant relationship between learning environment and student learning interest. Based on the responses of respondent for each indicator of the sub- iv variable learning environment and interest in learning, the position of the environment of Jl. Zainal Abidin is indicated that it has not succeeded yet to trigger learning interest, while means the research can be bordened into another analysis needed to develop the evirontment structure. Keywords: learning environment, learning interest %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints66861